Halaman

Batik hasil hibrida matematika dan komputasional

Batik merupakan ikhwal kriya tekstil yang tak asing bagi orang Indonesia, bahkan sering menjadi sebuah simbol akan bangsa Indonesia. Batik dikenal erat kaitannya dengan kebudayaan etnis Jawa di Indonesia bahkan semenjak zaman Raden Wijaya (1294-1309) pada masa kerajaan Majapahit. hal yang sangat menarik dengan batik adalah bahwa ia merupakan konsep yang tidak sederhana bahkan dari sisi etimologinya. Batik dapat merepresentasikan ornamentasi yang unik dan rumit dalam corak dan warna dan bentuk-bentuk geometris yang ditampilkannya.

Dunia itu ternyata tak linier, dan sains yang ada sekarang perlu memperhatikan hal ini. Bahkan secara filosofis, ilmu pengetahuan yang ada saat ini tak boleh berdiri sendiri dengan tradisi dan konvensionalisme yang menyertainya. Pendekatan interdisiplin menjadi penting. ( apakah kita bisa menyebut bahwa gotong-royong merupakan salah satu intradisiplin suku-suku di Indonesia? ilmu filosofiku loading berrat nieh bantuin doong ;p )

ya !! BATIK FRAKTAL. Ketika seni tradisional bertemu teknologi dan sains, akan tercipta sebuah karya seni baru dengan ruang eksplorasi lebih luas, termasuk juga batik sebagai kekayaan budaya lndonesia. 

Secara sederhana, fraktal adalah konsep matematika yang membahas kesamaan pola pada semua skala. Pola batik yang sudah diterjemahkan dalam rumus fraktal ini dapat dimodifikasi dengan bantuan teknologi komputer sehingga menghasilkan desain pola baru yang sangat beragam. Keragaman desain ini dapat dilihat dari grafis, warna, ukuran, sudut dan perulangannya, selain itu batik fraktal  

  • Dapat menciptakan motif-motif batik baru secara cepat dengan beragam pilihan
  • Kesesuaian dengan standar batik tradisional tetap terjaga
  • Dapat disinkronkan dengan mesin produksi tekstil
  • Dapat membuat produk lain bertema batik dalam bentuk 3 dimensi
Untuk membuat batik fractal diperlukan software jBatik. jBatik merupakan software untuk mendesain Batik Fractal yang sangat berbeda dengan software desain grafis pada umumnya, seperti adop photoshop ataupun CorelDRAW. Perbedaan terletak pada kekhususan fungsi jBatik untuk membuat desain batik dan kekuasaan otonom pengguna terhadap perangkat lunak itu.


Jika kita menggunakan software adop Photoshop atau CorelDRAW, kita bisa dengan bebas memilih desain yang kita inginkan, tetapi pada software jBatik kita tidak bisa dengan bebas menentukan desain yang kita inginkan karena software jBatik sudah memiliki alorgoritma program sendiri.


Kapan - Kapan kita coba yuuuk :)
saya cari dulu yach lokasi download softwarenya, free licence kog katanya :)


dikutip dari http://fraktal.bandungfe.net/ dan banyaaak situs referensi lainnya.

1 komentar:

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

Posting Komentar