Halaman

Belajar LaTeX (Untuk Pemula Banget ^-^)

Sebelum belajar alangkah baiknya kita tahu apa yang mau kita pelajari dulu. (Kalau sejarahnya baca sendiri ya :p ). LaTeX bisa disebut sebagai mark up language (Bahasa untuk mengatur/menata mempoles, mempercantik :p ). Ketika kita menulis, kita mengatur sedemikian rupa format tulisan agar terlihat rapi terstruktur dan sesuai format yang dianjurkan. LaTeX biasanya untuk mengatur format tulisan ilmiah seperti jurnal, laporan tugas akhir, thesis, disertasi, buku,dll. Jika di dunia web dikenal adanya bahasa mark up seperti HTML maka di dunia tulis menulis adanya bahasa mark up LaTeX. 

Lalu apa bedanya dengan Ms.Word dan Open Office ( dua ini yang terkenal di pengguna Windows) ? Ms.Word dan Open Office itu adalah word prosesor. ( gampangannya seperti ini ) Kalau kita menulis menggunakan Ms.Word dan Open Office, apa yang kita ketikkan apa yang kita klik (untuk keperluan format) hasilnya langsung bisa terlihat di sheet kerja Ms.Word dan Open Office. Oleh sebab itu word prosessor ini sering disebut bersifat What You See Is What You Get. Nhah, lain lagi kalau kita menulis menggunakan LaTex. Jika kita ingin (misalnya menebalkan huruf) kita harus menuliskan perintah untuk menebalkan huruf, alhasil apa yang kita lihat di sheet kerja LaTeX adalah perintah untuk menebalkan, bukan tulisan yang tebal. Namun setelah kita compile, maka tulisan yang tadi kita kasih perintah tebal akan tebal. maka dari itu, LaTeX ini sering disebut bersifat What You See Is What You Mean.

okey lanjut..,
Lalu apa bedanya dengan Notepad, Notepad ++, Code Lobster, Windows Text Ediitor, dll. ( haha..,saya Windows banget ya?Starter tapi :p ). Notepad, Notepad ++,dll merupakan text editor. Mereka bisa digunakan untuk menuliskan plain text ( nhah makhluk apa lagi tu plain text?plain text merepresentasikan karakter seperti yang ada dalam file, gampangnya plain text biasanya digunakan untuk pemrograman dan konfigurasi jarang digunakan sebagai dokumentasi). Nhah LaTeX meruapakan plain text. Jadi kalau ingin membuat dokumen dengan LaTeX sebagai bahasa untuk mem - mark up bisa menggunakan Notepad. ( gak percaya?? coba aja nulis di notepad trus Save As -> Save As Type -> All Files *.* , trus Encoding -nya sebaiknya pilih yang UTF-8) , trus File Name nya kasih ekstensi ( .tex ), dokumen LaTeX berekstensi ( .tex ).


Nhah, lumayan kenal kan dengan yang namanya si LaTeX ??
Lalu?? Lalu apalagi ... ya langsung saja kita persiapan untuk praktex (maksudnya baca sambil praktex) di tutorial selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar