Halaman

Berapa Pendaftar STIS dan Berapa Kuota STIS

Wah kebeneran banget nih, tadi waktu kuliah Software Engeenering membahas masalah pengembangan Go Online Penerimaan Mahasiswa Baru STIS. Kemarin ada temen saya yang bertanya mengenai Berapa Pendaftar STIS dan Berapa Kuota STIS. Dalam analisis (user requirement dan bussiness proses) kebetulan dijelasin juga mengenai hal tersebut. Langsung saja ya, saya jelaskan :)


Dari tahun 2010 ke tahun 2011 ternyata pendaftar STIS mengalami pelonjakan 33%. Hari pertama yang mendaftar cuman 4 orang terus naik puluhan orang sampai seratusan orang, trus mengalami kenaikan penurunan berkisar itu-itu saja. Tapi dihari-hari akhir pengalami pelonjakan pendaftar yang sangat signifikan. Sampai-sampai server PMB On Line STIS down. Dengan beberapa pertimbangan maka panitia memutuskan untuk hosting dengan server berada di luar negeri. Eh, gak taunya di hari-hari akhir pendaftaran DNS keok :p. Gapapa lah pengalaman ini memberi pelajaran pada panitia sekaligus sebagai hal yang menantang untuk mengembangkan PMB On Line STIS yang lebih sempurna :) dengan mendekati seluruh atribut kwalitas software yang baik :p. yawdah daripada banyak komentar di sini langsung saja kita meluncur ke representasinya berikut :



Berdasarkan pendaftar perdaerah, enam pendaftar teratas pada tahun 2010 dan tahun 2011 adalah berturut-turut sebagai berikut DKI (Jakarta), Jawa Timur, DIY (Yogyakarta), Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.


Tahun 2010 adalah awal mengembangkan PMB On Line STIS, belum sepenuhnya PMB On Line ini diterapkan. Pendaftar masih diberi pilihan mendaftar manual melalui kantor-kantor BPS tertentu yang telah ditentukan. Tahun 2011 PMB On Line STIS diterapkan secara keseluruhan. Dengan kata lain sudah resmi berpindah dari sistem lama ke sistem yang baru yakni PMB On Line STIS. Jadi, Pendaftar harus mendaftar di situs PMB On Line STIS.


Kebetulan hal ini didukung oleh hasil karya Kemenkominfo yakni pada akhir Juni 2011 seluruh kecamatan di Indonesia akan tersambung internet. Tepatnya sebanyak 32.800 desa di Indonesia telah tersambung internet dan 27 provinsi di Indonesia telah tercakup dalam jaringan "broadband 3G".

Jadi, Untuk adik-adik yang tempatnya jauh dipelosok tanah air tidak perlu khawatir, sekarang pendaftaran STIS bisa dilakukan kapanpun (tentunya sesuai tenggang waktu yang diberikan) dan kapanpun (tentunya ditempat yang bisa mengakses internet).

Semoga PMB On Line STIS ini kedepannya akan lebih memudahkan calon pendaftar dan pendaftar STIS. Mungkin dikembangkan menjadi berbasis sms Gateway :p atau memperlebar platform ke mobile platform, BB, bahkan Android platform.

Kalau ada yang mau ditanyakan seputar hal ini silakan tinggalkan pesan pada kotak komentar di bawah atau pada shout mix box di kanan atas, or you can translate this by the Google Translator at the corner of this site above :)

0 komentar:

Posting Komentar