Halaman

LaTeX 1 : Software Apa Saja yang Dibutuhkan ?

Di sini kita mau persiapan untuk praktex ntar. Oh iya, kemarin ada yang nanya gini, "apa sih bedanya LaTeX dan TeX ?". trus saya bilang aja kalau sebenarnya LaTeX itu diturunkan dari TeX, singkatnya LaTex itu dibuat untuk lebih menyederhanakan bahasa TeX.

"Aku mau pakai LaTeX nih ntar buat nulis tugas akhir. Apa aja sih yang musti ada ? ".

Kalau kamu mau menggunakan LaTeX, di komputer kamu musti ada :
1. Distribusi LaTeX, saya pengguna windows dan saya menggunakan MikTeX, bisa di download di sini http://miktex.org/2.9/setup.
2. Text Editor, saya menggunakan TeXmaker, bisa di download di sini http://www.xm1math.net/texmaker/download.html

LaTeX : The name of the "Language" -> bahasanya
MikTeX : One of the software packages you can use to produce documents using that language. -> compilernya
TeXmaker : is the composer, which is were you write the mark-up code. -> teks editornya

ilustrasinya : kita nulis naskah di TeXmaker kemudian kita mempercantik (baca : memberikan format) naskah kita menggunakan LaTeX, kemudian di compile oleh si MikTeX.

bagaimana?? apakah sudah mulai nampak mahluk yang bernama "menulis dengan LaTeX" ?? sudah mulai kenal?

"udah aku download nih, trus gimana nih nginstallnya?"

okey..kita lanjut !
instalasinya mudah , biar tambah mudah yuuuk install bareng - bareng , ini ada screenshoot nya nih :

{jreng...jreng...mohon maaf, saya sudah mengantuk, dilanjut lain waktu ya :D }

0 komentar:

Posting Komentar